Sinopsis Novel Remaja – Samantha’s Secret


IdentitasNovel :

  • Judul                                    : Samantha’s Secret
  • Pengarang                           : Shandy Tan
  • Penerbit                           : PT GramediaPustakaUtama
  • Tahun Terbit                  : 2010
  • Tebal Buku                           : 200 halaman
  • Cetakan                           : CetakanPertama : November 2010
  • Tema                                    : Kemampuan pengelihatan ganda
  • Tokoh & Perwatakan         :

1. Samantha                  : Baik,   suka membaca     novel  dan komik, sabar, perhatian.

2. Simon                           : Jail, perhatian, sabar.

3. Angela                            : Suka membaca komik,   sabar, suka mengalah, perhatian.

4. Albert                            : Pintar, baik, perhatian.

5. Mama Samantha         : Perhatian, baik,

6. Papa Samantha         : Baik,cuek.

7. Raka                           : Baik, bijak.

8. Hana                           : Baik, pengertian.

9. Tobi                           : Cengengesan, baik, lucu, mengidap penyakit Dialeksia.

10. Jessica                           : Cuek, berpergaulan bebas.

11. Mark                           : Cuek, sok jadi bos.

12. Mama Angela         : Tidak perhatian, egois.

13. Papa Angela                  : Pemarah, tidak perhatian, egois, pekerja keras.

  • Latar                           : Medan
  • Alur                           : Maju

Sinopsis Novel :

Sore hari telepon dirumah keluarga William berdering-dering, tidak ada respon dari anggota keluarga itu, telepon mati lalu bordering lagi. Akhirnya Mama menyuruh Samantha untuk mengangkat telepon itu. Samantha melangkah dengan cepat mendekati tangga, karena terburu-buru gadis itu terpeleset saat menginjak keset yang berbahan tipis dan ringan. Samantha meluncur cepat dan kepalanya sempat terbentur dua kali disepanjang tangga yang terbuat dari kayu tersebut. Dia jadi susah bergerak, pengelihatannya pun buram saat itu. Sehabis jatuh dari tangga, Samantha memiliki kemampuan melihat roh.Roh pertama yang dilihat Samantha yaitu Raka, gadis itu melihat Raka saat hujan deras. Roh kedua yaitu Hana, ia melihat Hana sewaktu pulang sekolah, ia melihat Hana sedang bersama Raka. Dan Roh ketiga yaitu roh Tobi yang mengidap penyakit Dialeksia, ia bertemu Tobi sewaktu Raka mengajak Hana dan Tobi ke rumah Samantha karena mereka tak percaya ada manusia yang bias berbicara dan bisa melihat ketigaroh tersebut.   Akhirnya mereka bersahabat. Samantha jadi sering berbicara sendiri dan keluarganya curiga kenapa semenjak ia jatuh dari tangga sering berbicara sendiri. Alasan Samantha untuk menutupi itu semua dengan cara bilang kepada keluarganya bahwa ia sedang menghafalkan naskah drama untuk tugas sekolahnya. Raka bermaksud tiba-tiba Samantha dapat kemampuan ini supaya bias mencegah sesuatu atau menolong orang. Waktu itu Samantha meminta Raka cs untuk mencari informasi tentang siapa cewek yang disukai oleh Albert, sahabat kakaknya sekaligus  cowok yang disukai Samantha. Samantha sempat terpukul, cewek yang disukai Albert adalah Angela, sahabat karibnya.Ia jauh lebih pendiam, mencuekinya dan selalu menjawab pertanyaan Angela dengan jutek.

Raka cs mengabarkan kepada Samantha ada anak SMA Gloria yaitu Charles dan Elisa sedang pacaran, lantas dipalak sama tiga cowok SMA Swamandiri. Awalnya Elisa Cuma digodain, tapi Charles ditonjok sampai babak belur karena membela Elisa. Uang, handphone dan jam tangan Elisa diambil. Setelah tiga cowok itu pergi, Charles menelpon seseorang dan menyebutkan Samurai, golok dan anak panah. Raka meminta Samantha untuk mencegah aksi tawur antarsekolah itu. Samantha  diminta Raka untuk menunggu Raka cs mengabari dimana aksi tawur itu akan terjadi. Raka mengabarkan Charles mengajak teman-temannya dan anak-anak jalanan dengan cara mereka akan di bayar. Charles cs akan mencegat anak-anak SMA Swamandiri ditempat nongkrong mereka. Charles akan menghajar semua anak yang memakai seragam SMA Swamandiri. Gadis itu disuruh Raka untuk izin ke UKS karena sakit perut, padahal ia akan menelpon kantor polisi. Ia melaporakan akan ada aksi tawuran, tetapi pihak polisi tidak percaya, lalu ia menelpon kembali menyamar sebagai adik Charles dan polisi percaya, pihak polisi langsung ke TKP. Kejadian itu tercegah karena polisi segera datang. Charles ditangkap dan ditahan oleh kantor polisi, ia dikeluarkan oleh pihak sekolah karena takut mencemar nama baik sekolah.

Hana yang melihat sikap Samantha terhadap sahabatnya sangat kejam, membuat Hana tidak tinggal diam. Hana meminta Samantha untuk meminta maaf. Tetapi itu selalu tertunda. Ia melihat Angela sangat tidak sehat, saat ia ingin minta maaf Angela izin pulang karena muntah di sekolahdan Angela sudah empat  hari tidak masuk sekolah tanpa kabar. Samantha sangat khawatir, akhirnya ia meminta Raka cs untuk mencari informasi tentang Angela. Ternyata terjadi masalah besar dikeluarga Angela. Jessica kakak Angela hamil dan di paksa pacarnya untuk menggugurkan kandungannya dan orangtua Angela akan bercerai. Angela, Jessica dan Mark disuruh memilih ikut siapa. Angela sangat tertekan dengan masalah yang menimpa keluarganya, ia nekat bunuh diri dengan meminum racun serangga satu liter. Samantha sangat sedih dan gadis itu disuruh Raka menelpon Rumah Sakit Bertha meminta Almbulance untuk tiba dirumah Angela. Samantha sangat khawatir dengan keadaan sahabat karibnya.

Pulang sekolah  Samantha meminta Simon menemaninya ke RumahSakit Bertha untuk menjenguk Angela. Saat tiba di RumahSakit, gadis itu melihat orangtua Angela di depan ruangan dimana Angela sedang mendapat pertolongan oleh tim medis. Mereka menunggu sampai dokter keluar dari ruangan itu. Sesaat dokter keluar dan mengabari Angela sudah melewati masa kritisnya, tapi saat ini Angela masih belum bias dijenguk. Samantha meminta mama Angela mengabarinya apabila Angela sudah bias dijenguk. Dan meminta ketiga teman rohnya untuk menjaga Angela. Samantha sangat senang mama Angela mengirim sms bahwa Angela sudah bias dijenguk, ia langsung mengabari abangnya dan berinisiatif sepulang sekolah mereka ke Rumah Sakit Bertha bersama Albert. Di ruangan dimana Angela dirawat, ia melihat Angela di kelilingi kabel infus. Ia sangat tertegun melihat sahabatnya dalam kondisi seperti ini. Ia meminta maaf kepada Angela karena telah menelantarkannya. Samantha memanggil Simon dan Albert untuk masuk ke kamar Angela. Setelah itu mereka pamit pulang. Samantha tak lupa berterima kasih kepada Raka cs karena telah mengabarinya.

Di kamar Samantha, gadis itu sedang berbicara dengan Raka cs dan berulang kali mengucapkan terima kasih. Tapi, mereka dihentikan oleh suara teriakan mama Samantha yang memanggilnya, ada telepon dari mama Angela. Samantha sangat terburu-buru dan kurang lima anak tangga lagi ia terpeleset, kepalanya terbentur lagi. Mama Samantha menasehatinya agar hati-hati dan takperlu terburu-buru mengangkat telepon. Mama Angela menelpon Samantha karena ingin meminjam buku tulis Samantha sewaktu Angela tidak masuk sekolah. Ia kembali ke kamar dan tidak melihat Raka cs lagi. Samantha berpikir mereka sudah pergi mencari orang yang perlu diselamatkan. Raka cs meninggalkan Samantha dan mencari orang yang cocok sebagai pengganti Samantha. Raka merasa kehilangan  Samantha. Raka cs ingin kembali ke rumah Samantha apabila mereka merindukan Samantha. Samantha telah kehilangan kemampuannya itu akibat kepalanya terbentur lagi.

2 Comments (+add yours?)

  1. zai part II
    Dec 15, 2012 @ 06:17:06

    owh my ghot keeren bangettttt…. tapi sayang kurang lengkap… tapi dag seru sih,.!!!!!!!!!!111

    Reply

  2. nadifa
    Dec 19, 2012 @ 07:48:36

    panjang bangetz

    Reply

Comment here :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: