Buku Pengetahuan Populer – Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh


RANGKUMAN

Buku Pengetahuan Populer

Rr. Pramesthi Dyah Oktaseski

8A / 15

 

Identitas Buku Pengetahuan Populer :

1. Judul Buku         : Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh

2. Pengarang         : Dianata Eka Putra

3. Penerbit              : KAIFA. PT Mizan Pustaka

4. Tahun Terbit     : 2008

5. Tebal buku         : 148 Halaman

6. Cetakan               : VIII

RANGKUMAN ISI BUKU PENGETAHUAN POPULER :

Manfaat memahami bahasa tubuh diantaranya menyelamatkan hubungan, menyelamatkan diri dari bahaya, mendatangkan rezeki dan kebahagiaan. Ada pun cara mempelajari bahasa tubuh butuh latihan dan pengamatan. Salah satunya yakni menonton televise syaratnya dengan mematikan volume suaranya.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh pakar komunikasi nonverbal ada beberapa tanda orang berbohong yaitu menutup mulut dan berbatuk, memalingkan pandangan, menggosok mata, jumlah kedipan mata, memalingkan wajah, menggaruk leher, perubahan nada suara. Ketika menghadapi orang yang suka berbohong kita harus member tindakan dengan langsung bertanya atau mengamati perilakunya secara langsung.

Apabila kita tertarik kepada seseorang maka ada tanda-tanda ketertarikan yang bias kita amati dan pelajari melalui bahasa tubuh diantaranya dengan meletakkan tangan di dada, mendekat, menunjuk dengan kaki, kombinasi tatapan dan perubahan pupil mata, merapikan rambut, mengentakkan kepala, dan merapikan baju. Jika ada orang yang tertarik kepada kita maka kita harus segera merespond positif namun tak berlebihan dengan cara-cara yang sopan dan wajar. Namun, jika sebaliknya maka kita harus menghindari orang tersebut. Itu pun dengan cara yang baik pula.

Kita juga dapat mempelajari bahasa tubuh orang yang sedang marah dengan mengamati tanda-tanda tolakan. Di antaranya menyilang tangan di dada, kombinasi gerakan tangan dan kaki, dan kombinasi gerakan tangan dan tatapan. Ada pula tindakan yang dapat diambil apabila menghadapi orang yang menolak atau marah dengan segera meminta maaf atas sikap kita atau lebih baik diam saja.

Orang yang merasa berkuasa akan menunjukkan sikap layaknya penguasa. Tanda-tanda orang yang merasa berkuasa diantaranya dengan meletakkan kaki diatas meja,  tangan dilipat kebelakang, asap rokok diembuskan keatas. Dalam menghadapi orang yang sikapnya layaknya penguasa, ada beberapa tip dan trik yang bias kita lakukan dengan member pujian tanpa harus mencari muka.

Mengenali orang sedih, kecewa atau stress dapat kita lihat dari tanda-tanda sebagai berikut ; mengusap jidat, nada suara yang rendah, mata merah berat, dan senyumnya tertahan. Cara menghadapinya dengan memberikan motivasi, mendengarkan penderitaannya, dan saling sharing.

Kita mengenal banyak ekspresi bahasa tubuh dan dari ekspresi bahasa tubuh tersebut kita dapat memahami seseorang. Diantaranya memainkan kacamata, mengusap dagu, tangan dipinggang, memasukkan ibu jari ke dalam saku depan.

Dari uraian diatas kita akan memahami isi jiwa dan perasaan seseorang melalui bahasa tubuh mereka. Sehingga hubungan komunikasi yang kita bangun dapat terjalin dengan baik.

About these ads

Comment here :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 55 other followers

%d bloggers like this: